Plus Minus Menggunakan Jabber pada Server Pulsa

Kelebihan dan kelemahan menggunakan jabber untuk transaksi server pulsa

Apa itu Jabber?

Plus Minus Menggunakan Jabber pada Server Pulsa
Jabber adalah media pengiriman pesan (IM - Instant messaging) terbuka berbasis XMPP (Extensible Messaging and Presence Protocol) adalah sebuah standard komunikasi real-time berbasis text, suara maupun video dengan teknologi open XML) yg bisa dipakai dan dikembangkan oleh siapa saja. 

Komunitas Jabber memiliki jaringan yg luas yg terhubung antara satu server dengan server lain, serta memiliki layanan IM Client gratis gratis yg bisa di download untuk semua system operasi komputer (linux, windows, dll) dan smartphone (android, apple, java, symbian,dll).

Penggunaan Jabber pada Server Pulsa

Dalam dunia server pulsa, ramai digunakan beragam modul IM seperti yahoo, gtalk dan jabber. Yahoo messenger (YM) paling banyak digunakan untuk menarik pulsa host to host (h2h) dari suplier/server lain. Namun semenjak berakhirnya versi lama  para pengusaha server mulai beralih ke gtalk dan jabber karena YM versi baru tidak lagi bisa digunakan pada server mereka.

Plus Minus Menggunakan Jabber untuk Transaksi Pulsa

Keuntungan Penggunakan jabber:
  • Aman secara sistem 
    Protokol Jabber berdiri diatas XMPP yang diklaim aman dalam hal Security.

  • Resource optional
    Dengan menggunakan akun jabber, Anda bisa nemambahkan resource sendiri dan mendaftarkannya kepada suplier h2h atau server tempat Anda terdaftar sebagai mitra atau reseller. Jadi jika ada yang bisa login menggunakan akun transaksi jabber Anda, dia tidak akan bisa transaksi pulsa sekalipun mengetahui format, pin dan center servernya karena resourcenya berbeda dengan yang sudh Anda daftarkan sebelumnya.

    Contoh akun dengan resource:

    islah@islah.web.id/j44289h8su

    keterangan

    islah@islah.web.id => akun jabber
    j44289h8su => resource


Kelemahan Penggunakan Jabber:

Meskipun jabber diklaim aman dari serangan hacker, namun dari pengalaman penulis, ternyata jabber memiliki beberapa kelemahan jika digunakan sebagai media transaksi server pulsa.

Beberapa kelemahan itu antara lain:
  • Server tidak terpusat.
    Masing-masing orang bisa memiliki server jabbernya sendiri, sehingga kecepatan dan kestabilan server begitu bergantung kepada server dimana jabber itu dipasang.

  • Keamanan privasi data tidak sepenuhnya diketahui.
    Hal ini dikarenakan tiap pemilik server jabber berbeda integritas dalam hal kebijakan privasi. Jadi keamanan data Anda tergantung server dimana Anda mendaftarkan akun jabbernya, pilihlah penyedia layanan jabber yang sudah terbukti amanah.

  • Sering ditenukan server jabber down
    Tentu saja, sebab masing-masing server penyedia layanan jabber memiliki perangkat server atau VPS yang berbeda-beda dalam hal spesifikasi dan kelistrikan serta jaringan internet yang digunakan.

  • Bisa login di banyak decive dengan akun sama jika resource berbeda
    Ini adalah kelemahan yang berbanding terbalik dari sistem keamanan dengan resource pada akun jabber.

    Sebab, jika Anda tidak menggunakan resource saat mendaftarkan akun jabber Anda pada suplier h2h atau server pulsa dimana Anda menjadi reseller, maka jika akun yang sama digunakan/login pada device yang berbeda akan tetap bisa melakukan transaksi pulsa meskipun resourcenya berbeda.


Demikian kelebihan dan kekurangan penggunaan akun jabber untuk transaksi pulsa, semoga bermanfaat.

Plus Minus Menggunakan Jabber pada Server Pulsa Plus Minus Menggunakan Jabber pada Server Pulsa Reviewed by Islah on 13.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silahkan tinggalkan komentar dengan bijaksana.

Diberdayakan oleh Blogger.